Pramuka Diminta Jadi Agen Bela Negara


PURBALINGGA, suaramerdeka.com – Pramuka secara umum maupun dalam satuan karya (Saka), diminta bisa menjadi agen pelopor bela negara, persatuan bangsa dan semangat perjuangan.

“Dimanapun adik- adik pramuka berada, jadi pelopor bela Negara, wawasan kebangsaan. Agar kedepan kualitas dan kuantitas kesadaran bela Negara dan wawasan kebangsaan menjadi mantap dan baik,” kata Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Kav Nugroho Tjendakiarto SH, Minggu (16/6) saat menutup kemah bhakti kebangsaan dan bela negara, di Buper Munjulluhur, Kecamatan Bojongsari. Dalam penutupan itu juga hadir Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko.

Pada kesempatan yang sama, Danrem juga meminta para Pembina satuan karya Wira Kartika, ketua dan pengurus kwartir cabang serta pemkab, terus meningkatkan kegiatan kepramukaan. Karena bisa menjadi daya dukung potensi pertahanan wilayah.

Danrem mengatakan, aktualisasi semua materi yang sudah didapatkan selama kegiatan, harus diaplikasikan. Mulai dari lingkungan sekolah dan lingkungan masing- masing. Semua bekal yang sudah diberikan memadai untuk menjadikan personil pramukan sebagai pelopor agen kebangsaan di masing- masing mereka berasal.

Perkemahan yang dilakukan selama tiga hari dan diikuti peserta dari semua wilayah Korem 071 hingga Tegal dan lainnya, dimeriahkan dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba. Sebagai juara umum 1 nomor undi 4 dari Kabupaten Cilacap. Puluhan lomba lainnya juga berhasil mengambil juara 1 hingga 3.