Inggris cabut sumpah pramuka putri setia pada Tuhan


LONDON – Anak perempuan di Inggris tidak perlu lagi mengucapkan sumpah kesetiaan kepada Tuhan jika bergabung dengan pramuka.

Keputusan itu diambil dengan pertimbangan sumpah pramuka perlu untuk lebih jelas mencakup aspek nonagama.

Selama ini calon anggota harus mengucapkan sumpah, “mencintai Tuhan, mengabdi pada Ratu dan negaraku.”

Sumpah baru akan mencabut yang berkaitan dengan Tuhan dan sekaligus ditambahkan dengan janji “untuk jujur kepada diri sendiri dan mengembangkan keyakinan saya.”

Untuk pertama kalinya sejak gerakan pramuka putri Ingris berdiri pada tahun 1910, rujukan Tuhan ditiadakan.

Perubahan terbaru ini ditempuh setelah proses konsultasi yang melibatkan hampir 44.000 anggota pramuka maupun yang bukan anggota.

Sejak September tahun ini maka 540.000 anggota pramuka putri Inggris bersumpah mengabdi pada Ratu dan masyarakatku.

“Pramuka selalu menjadi tempat bagi semua anak perempuan untuk mengembangkan keyakinan dan kerangka moral mereka, baik dalam konteks agama resmi maupun di luarnya,” tutur Gill Slocombe, pemimpin pramuka perempuan Inggris, Girl Guides.

“Bagaimanapun, kita tahu bahwa beberapa orang berpendapat sumpahnya membingungkan dan menghalangi beberapa anak perempuan dan sukarelawan bergabung dengan kami.”

Menurut Slocombe, pramuka yakin dengan satu sumpah dalam sebuah pernyataan yang jelas tentang nilai utama untuk semua anggota.

“Kami harapkan sumpah baru kami akan memungkinkan anak perempuan -dari semua keyakinan- memahami dan merasa bangga dengan komitmennya.”

Sumpah pramuka Inggris sudah diubah sampai 11 kali sepanjang sejarahnya dan yang terakhir adalah tahun 1994 ‘tugas kepada Tuhan’ diganti menjadi mencintai Tuhan’ dan ‘mengabdi pada Ratu’ ditambah dengan ‘dan negaraku’.

Di Australia, pramuka putrid sudah mencabut sumpah kepada tuhan dan Ratu pada Juli 2012 dan menggantinya dengan ‘mengabdi pada ‘masyarakat dan jujur pada diri sendiri’.

Selama 50 tahun sebelumnya, Ratu Inggris -yang masih merupakan kepala negara Australia- serta Tuhan masuk dalam tradisi sumpah mereka.