Gus Ipul Ipul Ajak Pramuka NU Perangi Narkoba


TRIBUNNEWS.COM,JOMBANG – Wagub Jatim yang juga Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengajak para anggota pramuka menjauhi sekaligus memerangi peredaran narkoba.

Pesan disampaikan mantan Ketua Umum PP GP Ansor tersebut saat mengunjungi acara Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma’arif NU Nasional (Perwimanas) di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren Babussalam, Kalibening, Mojoagung, Jombang, Kamis (27/6/2013) malam.

“Kegiatan kepramukaan itu ada di antara rumah dan sekolah. Narkoba hadir di antara Rumah dan sekolah. Maka yang bisa menekan agar adik-adik tidak terjerat narkoba adalah ikutilah kegiatan pramuka dengan serius,” ujar Gus Ipul.

Selain meminta menjauhi narkoba, Gus Ipul juga meminta kader pramuka khsususnya di lingkungan LP Ma’arif NU ikut memerangi peredaran narkoba di kalangan kaum muda.
“Jauhi, sekaligus lawan peredaran narkoba,” tandas Menteri PDT Era Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I ini.

Berdasarkan data Badan Nasional Narkotika (BNN), jumlah pengguna Narkoba di Indonesia hingga April 2013 mencapai 4 juta orang. Dari total pengguna Narkoba di Indonesia sebagian besar anak-anak usia remaja.

Yakni usia SMA mencapai angka 48 persen, sementara usia Perguruan Tinggi (PT) sekitar angka 28 persen. Selebihnya pengguna usia di atasnya. Jutaan orang tersebut mengkonsumi narkoba dengan cara dan jenis yang beragam.

Perwimanas yang merupakan perkemahan nasional bagi anggota pramuka tingkat penegak di lingkungan LP Ma’arif NU, memasuki hari kelima Jumat (28/6/2013).

Pada penyelanggaran secara nasional untuk pertama kalinya ini, Perwimanas diikuti oleh 2.220 anggota pramuka Ma’arif NU dari 23 Propinsi dan 32 Kabupaten/Kota di Indonesia.

Pembukaan dilakukan Menakertrans Muhaimin Iskandar Senin (24/6/2013).
Dijadwalkan pada penutupan Sabtu (29/6/2013), hadir Menteri PDT Helmy Faishal Zaini dan pedangdut Rhoma Irama.