Konda Sumbar dan Jawa Timur Raih Predikat Tergiat di PPLB Nasional 2013


581335_1[Fandi-Esa Blogspot] Jakarta, Jum’at pagi (5/7) Pertemuan Pramuka Luar Biasa Tingkat Nasional Tahun 2013 atau disingkat PPLB Nasional 2013 yang digelar selama 6 hari oleh Gerakan Pramuka akhirnya ditutup. Panitia PPLB Nasional 2013 menetapkan Kontingen Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Barat bagian putera dan Kontingen Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur bagian puteri meraih predikat tergiat.
Sementara untuk kebersihan lingkungan dan kerapian kemah, Kontingen Daerah Gerakan Pramuka Daerah D.I. Yogyakarta bagian putera dan Kontingen Daerah Gerakan Pramuka Riau bagian puteri meraih predikat terbersih.

PPLB Nasional yang berlangsung selama sepekan, 30 Juni – 5 Juli 2013 telah melakukan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta, ditambah dengan kegiatan wisata budaya dan karnaval di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Wakil Ketua Kwartirt Nasional Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana, Marsdya TNI (Purn) Eris Herryanto Jum’at pagi (5/7) menutup secara resmi PPLB Nasional yang berlangsung 5 tahun sekali. Acara berlangsung di Lapangan Perkemahan Puteri (Kempi) I, Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur.

Kegiatan yang mengangkat tema “Bertakwa, Mandiri, Peduli, dan Berprestasi” ini, melibatkan Pramuka berkebutuhan khusus dari 16 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka dengan jumlah 787 orang, terdiri dari Pramuka Penggalang berkebutuhan khusus, pimpinan kontingen, pembina pendamping dan dokter kontingen. Peserta PPLB Nasional adalah anggota Gerakan Pramuka berkebutuhan khusus golongan A (Tunanetra), golongan B (Tunarungu), golongan C (Tunagrahita), golongan D (Tunadaksa), dan golongan E (Tunalaras)

Selama sepekan, mereka yang berkebutuhan khusus hidup dalam perkemahan yang mungkin belum pernah mereka lakukan selama ini apalagi hidup bersama dengan teman-teman sebaya se-tanah air. PPLB Nasional telah memberikan mereka pengalaman, pengetahuan dengan hidup bertakwa, mandiri, peduli, dan berprestasi.

Lasuwardi atau akrab di panggil Adi dari golongan Tunadaksa ini sangat bangga mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan PPLB Nasional yang selama ini belum terlintas dalam pikirannya.

Anak kedua dari tiga bersaudara kelahiran Tubelo, Halmahera Utara, Maluku Utara ini sangat senang. “wah pengalaman luar biasa”, ungkapnya singkat.