Berkemah dan Memasak


Melihat adik-adik Pramuka SMP 8, kembali teringat masa bermain dan belajar di Pramuka dahulu. Camping, makan, ditemani alam bebas, tentunya dibalut dengan kebersamaan teman-teman Pramuka. Kali ini, dipagi yang sedikit diguyur hujan, saya disuguhkan kegiatan adik adik Pasuspram yaitu kegiatan berkemah dan memasak di ruang terbuka SMP 8 Jakarta. Kegiatan ini mereka lakukan sebagai persiapan Camping yang rencananya diadakan bulan Maret mendatang. Kak Bambang, Kak Mufrian, Kak Kiwil yang juga alumni Pasuspram tiada henti mengajak adik-adik menularkan pengalamannya di Pramuka. Mereka ajarkan adik adik bagaimana cara mendirikan tenda yang baik, survival dialam terbuka dengan panganan seadanya tanpa menghilangkan kreatifitas adik-adik. Simple sebenarnya, memasak dialam terbuka tentu memberikan nilai yang tidak kita dapatkan dirumah. Masak nasi diliwet, beralaskan daun pisang, dan panganan gorangan seadanya. Sayur asem olahan bersama menambah cita rasa ketika kita santap bersama.

Banyak hal yang dapat kita pelajari disini. Tidak perlu mengeluarkan materi yang besar untuk dapatkan moment ini. Tidak perlu gengsi walau sebenarnya kita bisa membeli makan siang kemarin ke KFC atau MC Donald. Namun dengan belajar seperti ini, di Pramuka kita senantiasa diajarkan untuk selalu hidup sederhana, bersahabat dengan alam, dan tentunya sambil bermain mengembangkan kreatifitas kita.

Darwin | Pasuspram SMP 8 Jakarta 1994-1997

 

One thought on “Berkemah dan Memasak

  1. Waaahh..makasih berat buat Bang Darwin..
    Dengan bgini kita semua bs flasback liat masa lalu,di Keluarga Besar Pasuspram,yg buat saya mungkin jadi kluarga kedua saya..

    Jujur,waktu saya liat photo2 masa lalu,saya jd terharu,dan kangen bgt buat mengulang masa2 tersebut…

    So,kapan buat kk2 yg lain dan adik2 bs meluangkan waktu bersama,untuk (kembali) mencari indahnya pelangi????

Comments are closed.