Kodim 0615 Rangsang Generasi Muda dengan Lomba Ketangkasan Pramuka


BANDUNG POJOK SATU, — Dalam rangka merangasang kreativitas generasi muda, Kodim 0615/Kuningan gelar lomba ketangkasan Pramuka bagi Siswa tingkat SD/MI dan SMP/MTS untuk Penggalang serta tingkat SMA untuk Pramuka Penegak. Lomba ketangkasan yang diselenggarakan merupakan bentuk keterlibatan TNI AD dalam membina kewilayahan dan teritorial khususnya kepada kalangan generasi muda.

Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf Arief Hidayat, SIP saat membuka langsung Lomba Ketangkasan ke 4, yang digelar di Lapangan upacara Makodim 0615/Kuningan, mengatakan, lomba ketangkasan ini sangat penting guna membangun karakter insani, berkopetensi secara sehat dan meningkatkan semangat kebersamaan antar organisasi extrakulikuler dalam lingkungan sekolah serta membangun rasa nasionalisme, patriotisme dan cinta tanah air.

Lebih lanjut Dandim berharap dari kegiatan ini akan tumbuhnya rasa kebersamaan, solidaritas dan toleransi diantara kontingen yang mengikuti lomba ketangkasan dan menjunjung tinggi sportivitas dalam mengikuti perlombaan.

“Hakikat pendidikan adalah sebuah transfer nilai dan sosialisasi nilai-nilai untuk membentuk karakter yang dapat mewujudkan siswa-siswi yang disiplin, yang siap memimpin dan siap dipimpin, memiliki kemampuan serta cerdas, sehingga menjadi berahlak mulia dan taqwa kepada Tuhan YME,” ujar Dandim.

Komando mengucapkan terima kasih kepada para pembina yang telah berpartisipasi serta apresiasi dalam mendukung kegiatan lomba ketangkasan ke-4 tahun 2015.

Beberapa jenis kegiatan yang dilombakan diantaranya ketangkasan Baris berbaris :PBB dasar, variasi dan formasi. Kemudian ketangkasan baris berbaris tongkat seperti PBB dasar tongkat, Variasi dan formasi Kolone tongkat. Ada juga Ketangkasan Scouting Skill dengan materi Navigasi Darat, Kompas, Pemetaan (Maping), Pioneering/Knoting (Tali temali), Semaphore, morse dan sandi, P3K, Pasang tenda , Tata upacara bendera serta Photography.

Peserta lomba terdiri dari 5 Tim tingkat SD/MI dengan 5 materi lomba, 36 tim Tingkat SLTP/MTS dengan 5 Materi Lomba dan 60 Tim tingkat SLTA/SMK/SMA dengan 5 materi lomba.

Hadir pada acara pembukaan kegiatan, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan, Ekonomi & Keuangan Drs Ucu Suryana, MSi, Kabag Kesbangpol Indra Purwanto, SAP, para Pasi & para Danramil jajaran Kodim/Kuningan, Kapolsek Kuningan Kompol Endin Wahyudin SH, para pengurus Kwarcab Kuningan dan Ketua Kwartir Ranting jajaran Kwarcab Kuningan, para pembina dan pendamping peserta lomba ketangkasan serta tamu undangan (Pendam III/Siliwangi).