Wakil Bupati Bireuen, “Satgas Pramuka Harus Siaga Bencana”


BIREUN, — Wakil Bupati Bireuen Mukhtar yang juga Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bireuen, menegaskan kepada pengurus Satgas Pramuka setempat tidak menunggu perintah saat terjadi bencana di wilayahnya.

Penegasan itu disamapaikan Mukhtar saat melantik kepengurusan  Satgas Pramuka Peduli  Kabupaten Bireuen  di Oproom Sekdakab Bireuen, Rabu (20/01/2016). “Satgas yang telah terbentuk  agar dapat membantu permasalahan sosial dalam masyarakat, baik bencana maupun masalah lingkungan hidup lainnya,” kata Wabup Mukhtar.

Menurutnya, terbentuknya Satgas Pramuka Peduli Kabupaten Bireuen diharapkan dapat membantu Pemkab Bireuen  dan masyarakat dalam menanggulangi tanggap darurat dalam berbagai permasalahan sosial dalam masyarakat.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bireuen yang dilantik, tambahnya, agar menumbuhkembangkan kesetiakawanan, sosial diri pada setiap anggota pramuka agar lebih menjadi manusia yang berbudi luhur, memahami kondisi lingkungan dan masyarakat saat ini.

Selanjutnya, untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan bagi anggota gerakan pramuka mengenai berbagai masalah yang terkait dengan upaya pengembangan sumber daya manusia, penanggulangan bencana dan pelestaraian lingkungan hidup.

Selain itu, katanya lagi, membantu mencegah dan menanggulangi dampak bahaya Nrkoba/Napza, HIV/AIDS, serta masalah kesehatana masyarakat lainnya.

“Membantu meringankan beban penderitaan masyarakat yang terimpa musibah akibat bencana alam seperti, gempa, longsor, banjir, angin badai, kebakaran dan konflik, serta berupaya mencegah terjadinya bencana,”imbuhnya.

Kemudian mengembangkan potensi pramuka, baik sebagai kelompok maupun organisasi dalam meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dengan berperan serta membantu masyarakat terhadap masalah-masalah lain yang dihadapi masyarakat, terutama generasi muda. [jp]