PASUSPRAM di Mandalawangi Cibodas TNGGP


IMG_2320SALAM PRAMUKA . . .

Selamat Pagi !!!

Jumat- Minggu, 26-28 Agustus 2016 menjadi moment bagi kita, keluarga besar Pasukan Khusus Pramuka (PASUSPRAM) Alumni SMP 8 Jakarta kembali mengadakan suatu kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu dan Minggu (Perjusami) sekaligus pelantikan Penggalang Ramu, Rakit dan Terap Gugus Depan 01489-01490 SMP 8 Jakarta di alam bebas dengan kabut dingin hujan menyertai sepanjang berjalannya kegiatan kita.

Jumat (26/8) pukul 15.30 WIB start dari ‘pangkalan’ tercinta SMPN 8 dengan diawali Apel Pelepasan PASUSPRAM 8 oleh Ibu Sukasni selaku Pembina Pramuka yang juga merupakan wakil kepala sekolah SMP 8 Jakarta. Tak lama setelah mendapat pembekalan dan arahan, segera persiapan berangkat dan langsung menuju lokasi Bumi Perkemahan Mandalawangi TNGGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango) Cibodas, Bogor – Jawa Barat. Perjalanan menuju ke TNGGP diiringi kendaraan pengangkut batalyon Marinir. “Wah sungguh perjalanan yang mengasyikkan ya”.

Tanpa terasa sepanjang perjalanan menuju lokasi, semua peserta nampak begitu riang gembira. Bernyanyi bersama, sesekali yel-yel kami hentakkan memberi semangat. “Padahal kondisi didalam truk tronton terasa begitu panas, apalagi kalau terkena macet, bisa dibayangkan bagaimana hawa didalam truk tronton itu hihihi”.

Tepat pukul 20.00 WIB kami tiba di Bumi Perkemahan Mandalawangi TNGGP dengan komando langsung berbaris sesuai regu dilanjutkan menyiapkan alat penerangan dan tenda untuk bermalam. “Ok it’s time to the wild!!!” ujar teman-teman memberi semangat kepada yang lain.

Perjalanan menuju Camp Area tidak begitu jauh dari area parkir TNGGP, hanya berkisar 10 menit perjalanan, antusias dan semangat terlihat di raut wajah PASUSPRAM 8, mendirikan tenda, merapikan rest area mereka, lalu ber masak – masak ria, tanpa ada kegiatan di hari pertama, sleeping beauty . . .

Sabtu pagi (27/8) pukul 04.30 WIB, adzan Shubuh terdengar dari kejauhan, menggigil badan kami, sambil membasuh air wudhu, sholat shubuh berjamaah siap dimulai, di pimpin oleh guru Olahraga SMPN 8, Bpk. Imam Hanafi yang turut serta membantu dan mendukung aktif kegiatan kita.

Selepasnya olah raga pagi dimulai. “Mumpung ada guru olahraga yowis kami mundur”, lantunan lagu gerakan martina menari di menara, marjoko dan marince buat suasana pagi lebih hangat dibuat guru kita.

Melakukan kegiatan yang pasti di wajibkan adalah memasak, so, Cooking Cooking,

Setelah bersantap ria, pukul 10.00 WIB kami melanjutkan kegiatan perjalan menuju curug Cibeureum yang berada di TNGGP berjalan kurang lebih 2 Jam perjalanan, bekal yang harus dibawa PASUSPRAM 8 di persiapkan, kami sebagai Alumni dan Instruktur serta Pembina mereka memerintahkan mereka membawa SKU, karena kami akan proses di perjalanan menuju curug Cibeureum. Briefieng clear, berangkat …..

Tiba di pos Telaga Biru pecah regu, examination …. , “hingga pos rawa gede pun masih berlanjut, selepasnya lanjutkan perjalananmu de!”,

Tiba di Curug Cibeureum, hanya selfie, mandi di curug ber yel-yel hingga seluruh pengunjung terpaku melihat kekompakan PASUSPRAM 8.

Tepat pukul 14.30 kami bergegas kembali menuju camp area.

Perjalanan pulang yang begitu indah, raut senang PASUSPRAM 8 terlihat, “padahal uji SKU nya belum selesai lo de'”

Sampai di camp area pukul 15.30, terlihat mereka mulai terlihat lelah, pompa energi kembali dengan masak makanan yg berkarbohidrat kalori dan protein.

Tiba di camp Hujan Rintik membasahi Bumi, alhamdulillahnya setelah makan selesai hujan tiba tanpa permisi, Acara dihabiskan di dalam tenda masing masing regu separuh kegiatan hilang karna hujan, hujan berhenti sekitar pukul 18.30 WIB, tanpa mengurangi rasa semangat kami, kegiatan proses Uji SKU pun berlangsung selepas Ba’da Isya, Terbagi 4 Pos, pos pertama di pegang oleh Kak Rifan Rosyidi Untuk proses Penggalang Ramu, Pos Kedua dipegang oleh Kak Fajar dan Kak Aba untuk proses penggalang Rakit, Pos ketiga di pegang oleh Kak Bambang untuk proses penggalang Terap, dan pos ke 4 saya sendiri sebagai Pos tambahan dimana ada beberapa rekan Alumni Proses Kenaikan Tingkat Kepenegakan Bantara yaitu Kak Dhimas dan Kak Aldha, berjalan begitu hikmat proses Uji SKU di malam kedua, tepat Pukul 00.00 proses Uji SKU pun berakhir.

Memasuki hari terakhir, Minggu (28/8) tidur lelap melepas semua yang terjadi pada proses semalam, masih bersama kabut dingin bumi perkemahan mandalawangi, sholat shubuh selesai, persiapan Upacara penutupan sekaligus pelantikan pun dipersiapkan, bongkar seluruh tenda, sarapan pagi, and Finaly this is your Journey Guys.

Pelantikan Penggalang Ramu, Rakit, Terap dan Penegak Bantara pun berlangsung….

Kembali ke jakarta tepat Pukul 10.00 WIB.

Sedikit Hambatan One Way di jalur puncak dan Macet di Tol Cibubur sampai di Pangkalan tercinta SMPN 8 Pukul 18.30 WIB.

Sekian penulis memberikan Berita seputar kegiatan PASUSPRAM 8 kali ini.

Tanpa Mengurangi Rasa Hormat . . .

JAYALAH PRAMUKAKU

PASUSPRAM IDOLAKU . . .

SALAM PRAMUKA

26 – 28 Agustus 2016

Cibodas Mandalawangi – Bogor, Jawa Barat (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango)